UDiNus Repository

Prototipe Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Neural Network (Back Propagation) untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi

DESI, UJIANTI HANIDYA (2015) Prototipe Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Neural Network (Back Propagation) untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (271Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Besarnya jumlah mahasiswa pendaftar yang tidak sebanding dengan jumlah lulusan tiap tahunnya, merupakan permasalahan yang harus diselesaikan oleh institusi perguruan tinggi. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kelulusan mahasiswa menyebabkan Program Studi kesulitan dalam merencanakan tindakan antisipatif untuk mahasiswa yang berpotensi tidak dapat lulus tepat waktu. Agar program studi dapat melakukan langkah antisipasi atau penanganan lebih dini terhadap mahasiswa tersebut, diperlukan suatu mekanisme yang dapat mendeteksi kemungkinan hal ini terjadi. Dewasa ini perkembangan data mining berkembang pesat dalam mengatasi berbagai masalah pengolahan data dengan jumlah besar. Salah satu teknik data mining untuk memprediksi adalah klasifikasi. Neural Network merupakan salah satu algoritma dari teknik klasifikasi. Dalam penelitian ini algoritma Neural Network (Back Propagation) diterapkan untuk memprediksi masa studi mahasiswa. Dari hasil pengolahan data training dengan algoritma Neural Network (Back Propagation), tingkat akurasi yang didapat sebesar 99.49% dengan atribut yang digunakan ialah Indeks Prestasi (IP) dari semester 1 (satu) sampai 4 (empat) dan Indeks Prestasi Komulatifnya. Pengolahan data tersebut diproses menggunakan RapidMiner dengan menerapkan algoritma Neural Network (Back Propagation) untuk membentuk pola dari data training. Untuk memperoleh pengetahuan atau knowledge, dari pola tersebut akan diterjemahkan ke dalam bentuk yang dapat dimengerti dan diproses dalam aplikasi Matlab. Hasil prototipe data mining dalam aplikasi Matlab menghasilkan prediksi kelulusan mahasiswa, untuk dilakukan tindakan preventif dengan mengarahkan dan membantu proses yang menghambat kelulusan mahasiswa.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:11
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:11
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16653

      Actions (login required)

      View Item