UDiNus Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGKLASIFIKASI PENYAKIT TIPES DAN DBD (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAA SUWONDO)

MAHARANI, E PRIMA (2015) IMPLEMENTASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGKLASIFIKASI PENYAKIT TIPES DAN DBD (STUDI KASUS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RAA SUWONDO). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (199Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penyakit Demam Berdarah merupakan salah satu permasalahan kesehatan utama di beberapa Negara termasuk di Indonesia. Indonesia termasuk dalam kategori A dalam stratifikasi DBD oleh WHO tahun 2001 yang mengindikasikan tingginya angka perawatan pada rumah sakit dan kematian akibat DBD. Hal itu dikarenakan terlambat dalam penanganan atau bisa jadi seorang dokter salah mendiagnosis penyakit DBD karena memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit lainnya terutama tipes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi penyakit pasien dengan menggunakan variabel yang paling berpengaruh untuk penyakit tipes dan DBD. Objek penelitian ini adalah hasil uji laboratorium, karakteristik pasien, gejala, dan kondisi fisik paisen dalam medis yang didapat dari Rumah Sakit Umum Daerah Sowondo Pati sebanyak 62 data pasien, 22 pasien tipes dan 40 pasien DBD. Variabel yang digunakan dari uji laboratorium seperti hematrokit dan uji tes widal, selain itu juga di gunakan variabel demam, lama demam, warna lidah, dan trombosit. Pembentukan klasifikasi penyakit DBD dan tipes menggunakan aplikasi RapidMiner yang dikembangkan mulai tahun 2001 oleh Ralf Klonkenberg, Ingo Meirswa, dan Simon Fiscer di Unit Artificial Intellegence dari Technical University of Dortmund. Algoritma yang di gunakan adalah Decision Tree C4.5 maka model di representasikan dalam bentuk rule, dari model yang terbentuk variabel yang paling berpengaruh adalah hematrokit.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16676

      Actions (login required)

      View Item