UDiNus Repository

PENGENALAN KARAKTER PADA PLAT NOMOR KENDARAAN BERBASIS OPTICAL CHARACTER RECOGNITION MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING CORRELATION

YOGA, PUTRA ALDIAN (2015) PENGENALAN KARAKTER PADA PLAT NOMOR KENDARAAN BERBASIS OPTICAL CHARACTER RECOGNITION MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING CORRELATION. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (430Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Di era modern sekarang ini penggunaan kendaraan bermotor menunjukan perkembangan yang sangat tinggi. Di samping itu kebutuhan akan otomatisasi pada otentikasi dirasa semakin perlu. Seiring semakin tingginya ilmu pengetahuan terutama di bidang komputer, maka semakin tinggi juga akan kebutuhan aplikasi komputer yang mampu mendukung dan meningkatkan kinerja manusia di berbagai bidang. Salah satunya yaitu aplikasi komputer yang dapat mendeteksi dan mengenali plat nomor kendaraan bermotor (mobil) untuk bidang keamanan. Dalam penelitian ini, akan dibuat aplikasi untuk mengenali plat nomor kendaraan berbasis OCR (optical character recognition). Citra yang berupa mobil akan dijadikan sebagai inputan program, citra tersebut kemudian diproses menggunakan deteksi kotak dengan tujuan memisahkan plat nomor yang ada pada citra dari background. Setelah didapatkan citra berupa plat nomor, langkah selanjutnya yaitu melakukan proses segmentasi karakter pada plat nomor kemudian hasilnya akan dikenali menggunakan metode template matching correlation. Dari uji coba yang dilakukan, didapat bahwa aplikasi ini dapat mengenali karakter yang ada di dalam plat nomor dengan tingkat keakuratan 80.29% dan dapat mengenali plat nomor dengan tepat dengan tingkat keakuratan 30%. Banyaknya jumlah data template sangat mempengaruhi dalam keakuratan pengenalan karakter.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16692

      Actions (login required)

      View Item