UDiNus Repository

IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIT-PLANE COMPLEXITY SEGMENTATION (BPCS) UNTUK PENYISIPAN DATA PRIBADI PADA PASFOTO DIGITAL

RIXTUS, RESA BAGUS (2015) IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIT-PLANE COMPLEXITY SEGMENTATION (BPCS) UNTUK PENYISIPAN DATA PRIBADI PADA PASFOTO DIGITAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (211Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Steganografi adalah teknik menyembunyikan data rahasia ke dalam data lainnya dan tidak memiliki perbedaan yang dapat dilihat oleh indra penglihatan manusia. Pada penelitian ini dilakukan penyisipan data rahasia berupa teks kedalam pasfoto yang berupa citra digital, yang diharapkan dapat meningkatkan keamanan dalam proses pengiriman data melalui jaringan internet. Implementasi steganografi yang dilakukan pada penelitian ini akan menggunakan metode Bit-Plane Complexity Segmentation (BPCS). Metode BPCS ini memanfaatkan perhitungan kompleksitas pada tiap bit-plane dalam menyisipkan informasi rahasia. Segmen bit-plane yang dianggap noisy dapat diganti dengan informasi rahasia yang ingin disisipkan. Kelebihan metode ini jika diterapkan pada dokumen citra digital adalah memiliki kapasitas penyisipan data rahasia yang lebih besar dibanding metode lain. Penelitian ini menitik beratkan pada analisis pengaruh threshold terhadap kapasitas penyisipan data dan analisis kualitas stego-image menggunakan PSNR (Peak Signal-to-noise Ratio). Dari uji coba yang dilakukan, didapat bahwa untuk menjaga kualitas stego-image yang dihasilkan, maka nilai threshold digunakan adalah 0,5. Jika membutuhkan kapasitas yang lebih besar, maka menggunakan nilai threshold 0,3. Sedangkan hasil pengujian nilai PSNR menunjukan bahwa semakin besar pesan yang disisipkan, kualitas stego-image yang dihasilkan semakin buruk.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16693

      Actions (login required)

      View Item