UDiNus Repository

PENERAPAN DATA MINING KLASIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C 4.5 PADA DATA NASABAH KREDIT KOPERASI SIMPAN PINJAM GRAHA MANDIRI TEGAL

YUNITA, UTOYO HANDAYANI (2015) PENERAPAN DATA MINING KLASIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C 4.5 PADA DATA NASABAH KREDIT KOPERASI SIMPAN PINJAM GRAHA MANDIRI TEGAL. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (236Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3832b) | Preview

      Abstract

      koperasi adalah salah satu lembaga yang bergerak di bidang jasa keuangan, resiko kredit merupakan faktor penting yang perlu di kelola. resiko kredit merupakan kegagalan untuk memenuhi kewajiban sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. permasalahan terletak pada banyaknya nasabah yang mengambil kedi namun membayar melebihi batas waktu yang diberikan, akan tetapi tidak sedikit pula nasabah yang membayar kredit. dengan penerapan data mining klasifikasi pada data nasabah kredit pada koperasi simpan pinjam graha mandiri tegal untuk menganalisis nasabah yang termasuk golongan lancar atau macet setelah menganalisis hasil yang didapatkan digunakan perusahaan untuk menilai nasabah dengan record data yang ada pada pengambilan kredit selanjutnya. dalam penelitian in menghasilkan akurasi sebesar 100% dari 529 data training dan 40 data testing dari data nasabah kredit dengan metode klasifikasi dan algoritma C4.5 menggunakan framework RapidMiner.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16701

      Actions (login required)

      View Item