UDiNus Repository

Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Waktu Tertentu Menggunakan Metode AHP(Studi Kasus PT. Raja Besi Semarang)

FARIS, ZAIN ABDULLAH (2015) Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Waktu Tertentu Menggunakan Metode AHP(Studi Kasus PT. Raja Besi Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (625Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Keberhasilan dalam suatu perusahaan bukan semata-mata ditentukan oleh sumber daya alam yang tersedia, akan tetapi banyak ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia adalah sumbangan yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Untuk itu perusahaan perlu melakukan penilaian atas kinerja para karyawannya. Kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan cermat dalam penilaian kinerja karyawan akan menjadi kunci keberhasilan dalam sebuah kebijakan, dan untuk mengambil sebuah keputusan tentu diperlukan analisis-analisis dan perhitungan yang matang. PT. Raja Besi Semarang merupakan salah satu perusahaan pembuatan pipa dan kanal serta proses penipisan baja lembar atau strip. Pada saat ini proses penilaian kinerja karyawan masih dalam bentuk hardcopy yang mempunyai kendala rentan akan kerusakan dan keamanan data, serta keputusan penilaian kinerja dari satu pihak saja pada kepala subbagian departemen kerja membuat bagian personalia hanya mengikuti rekomendasi dari kepala subbagian tanpa ada alternatif pertimbangan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk membantu sistem pendukung keputusan penilaian kinerja karyawan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam menentukan kelayakan perpanjangan kontrak bagi karyawan yang ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode Web Engineering diterapkan guna mendukung sistem ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan survey. Langkah selanjutnya adalah analisis dan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Harapannya, hasil dari penelitian ini dapat mendukung penilaian kinerja karyawan dalam proses mendapatkan perpanjangan kontrak baru.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16704

      Actions (login required)

      View Item