UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS CLUSTERING PADA NFS MENGGUNAKAN STORAGE AREA NETWORK (SAN) DENGAN PERBANDINGAN AVERAGE I/O PERFORMANCE

REZA, MERDEKANTARA YUSUF (2015) IMPLEMENTASI DAN ANALISIS CLUSTERING PADA NFS MENGGUNAKAN STORAGE AREA NETWORK (SAN) DENGAN PERBANDINGAN AVERAGE I/O PERFORMANCE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (387Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3754b) | Preview

      Abstract

      Pada penelitian ini diterapkan metode clustering load balancing, dimana 2 node Storage Area Network (SAN) akan bekerja secara simultan dengan membagi beban kerja. Sebagai perbandingan, diterapkan 2 model topologi dengan melakukan benchmarking menggunakan parameter-parameter meliputi I/O Per Second, throughput, latency, dan CPU usage. Data-data benchmarking dicatat pada tabel perbandingan yang selanjutnya akan dihitung berapa persentase peningkatan performa tiap parameter. Hasil penelitian menunjukan persentase peningkatan performa I/O Storage pada Storage Area Network (SAN) dibandingkan dengan konvensional. Teknologi load balancing yang menggunakan synchronization untuk melakukan komunikasi antar 2 node mampu mengurangi waktu tunda (latency) dan menghasilkan throughput yang mengalami peningkatan cukup signifikan. High availability yang dihasilkan menjadikan sistem menjamin kemanan data jika salah satu node mati atau failure.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16706

      Actions (login required)

      View Item