UDiNus Repository

METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGALOKASIAN PENANAM MODAL ASING PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH

ANIS, WILASIH (2015) METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK PENGALOKASIAN PENANAM MODAL ASING PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (396Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kegiatan Investasi di Jawa Tengah dipengaruhi oleh Penanam Modal Asing (PMA) dan Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN). Konsentrasi peningkatan penanam modal atau nilai investasi sangat dipengaruhi oleh Perusahaan PMA karena nilai yang diinvestasikan sangat besar sehingga berpengaruh dengan banyaknya peluang pekerjaan bagi tenaga kerja. Semakin banyaknya Penanam Modal Asing yang berinventasi atau memperluas bisnisnya di Jawa Tengah, maka semakin banyak pula ketersediaan data dalam Database BPMD Prov. Jateng. Berdasarkan hal tersebut maka BPMD ingin menggali informasi yang lebih untuk mengetahui pengalokasian sektor industri Penanam Modal Asing khususnya di Jawa Tengah. Oleh Karena itu, dalam penelitian ini dilakukan pengelompokkan data PMA menggunakan data mining dengan metode K-Means Clustering. K-Means Clustering digunakan mengelompokkan data PMA dalam beberapa cluster berdasarkan data yang sama dimana data PMA yang memiliki karakteristik sama dikelompokkan dalam satu cluster dan simulasi pengolahan data dilakukan dengan menggunakan RapidMiner 5.3 untuk mengetahui jarak antara data PMA dengan masing-masing centroid. Atribut yang digunakan bidang usaha, kab/kota, dan nilai investasi. Hasil penghitungan dari penelitian diperoleh data dengan cluster pertama 1050 PMA, cluster kedua 95 PMA, dan cluster ketiga 160 PMA. Dengan adanya hasil analisa berdasarkan cluster yang terbentuk, maka disimpulkan bahwa semakin sedikit jumlah Perusahaan PMA pada satu cluster maka semakin meningkat nilai investasi suatu Perusahaan PMA tersebut namun harus diimbangi dengan nilai investasi awal penanaman modal mempunyai nilai besar.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16708

      Actions (login required)

      View Item