UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan dan Memberikan Rekomendasi Pemasaran Produk Speedy (Studi Kasus di PT. Telkom Cabang Wonogiri )

MOCHAMAD, PRATAMA YUSUF (2015) Penerapan Data Mining Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan dan Memberikan Rekomendasi Pemasaran Produk Speedy (Studi Kasus di PT. Telkom Cabang Wonogiri ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (439Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Banyaknya persaingan dalam dunia bisnis khususnya dalam penjualan produk menuntut manajer penjualan pada PT. Telkom Cabang Wonogiri harus dapat menentukan pola strategi pemasaran produk speedy yang lebih efisien agar selalu unggul dalam bidang penjualan sehingga dapat memuaskan konsumen. Dari hasil observasi yang dilakukan bahwa tiap kecamatan belum semua menggunakan produk speedy. Untuk mengatasi masalah dalam menemukan pola strategi pemasaran yang lebih efisien dengan menganalisa pola data hasil penjualan speedy. Pencarian pola atau hubungan asosiatif dari data yang berskala besar sangat erat kaitannya dengan data mining. Data mining adalah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Association Rule (aturan asosiatif) adalah salah satu teknik utama dalam data mining dan merupakan bentuk paling umum dipakai dalam menemukan patern atau pola dari suatu kumpulan data. Salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menemukan association rule adalah algoritma apriori. Dari hasil Association Final pada proses analisis datamining menggunakan algoritma apriori maka dapat diketahui dengan dua tolak ukur, yaitu : support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar-item dalam aturan asosiasi.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16729

      Actions (login required)

      View Item