UDiNus Repository

PROTOTYPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA BANTUAN SISWA MISKIN BERDASARKAN RANGKING TERTINGGI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMK MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK

ANITA, WIDIYASTUTI (2015) PROTOTYPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA BANTUAN SISWA MISKIN BERDASARKAN RANGKING TERTINGGI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA SMK MUHAMMADIYAH SAYUNG DEMAK. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (507Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3913b) | Preview

      Abstract

      Beasiswa bertujuan untuk meringankan beban biaya bagi siswa yang mendapatkannya. Salah satunya adalah beasiswa Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang merupakan program dari pemerintah untuk siswa miskin agar dapat terus melanjutkan pendidikan di sekolah. Namun terdapat permasalahan dalam penentuan penerimaan beasiswa BSM yang sering menjadi kendala dalam penyalurannya sehingga tidak sesuai dengan tujuan utama dari pemberian beasiswa. Oleh karena itu, untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya sebuah sistem pendukung keputusan dalam penentuan kriteria penerima beasiswa. Dalam penelitian ini sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai alternatif mempermudah pengambilan keputusan penentuan penerima beasiswa secara tepat. Metode SAW digunakan untuk menentukan alternatif yang paling baik dengan cara mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap kriteria dan alternatif. Dengan menerapkan metode SAW kedalam sistem pendukung keputusan penentuan penerimaan beasiswa BSM maka diharapkan dapat membantu dalam penyeleksian calon penerima beasiswa BSM.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16731

      Actions (login required)

      View Item