UDiNus Repository

Implementasi Kriptografi dan Steganografi untuk Teks pada Media Citra Digital dengan Algoritma Vigenere dan Metode LSBMR

FAUZUS, SA`ID (2015) Implementasi Kriptografi dan Steganografi untuk Teks pada Media Citra Digital dengan Algoritma Vigenere dan Metode LSBMR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (287Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kemajuan teknologi komputer yang sangat bermanfaat pada kehidupan manusia sekarang adalah kecepatan dalam menyampaikan informasi dari tempat yang jauh yaitu melalui Internet. Dalam pengiriman informasi tersebut terdapat masalah yang mengganggu keamanan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yaitu dengan mengubah bahkan mengganti informasi data dalam sebuah media data citra yang disampaikan. Penulis menggunakan kriptografi dengan algoritma Vigenere untuk mengacak pesan dan steganografi dengan metode modifikasi Least Significant Bit Matching Revisited sebagai media yang akan menyembunyikan informasi berupa setiap nilai bit data pesan ke dalam nilai bit media citra. Setelah dianalisis dan diimplementasikan maka diperoleh bahwa citra yang digunakan untuk cover image masih tampak seperti normal sehingga tidak menimbulkan kecurigaan bagi orang yang melihatnya, dari hasil pengujian 3 buah citra didapatkan hasil rata-rata PSNR sebesar 65,18773622225307dB pada citra yang belum mengalami serangan noise salt & paper. Kemudian jika diekstraksi dan dideskripsi maka akan didapat kembali pesan asli yang telah dienkripsi dan disisipkan tersebut secara utuh. Dengan demikian, kriteria steganografi yang baik yaitu imperceptibility, fidelity dan recovery dapat terpenuhi.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16746

      Actions (login required)

      View Item