UDiNus Repository

Peramalan Saldo Keuangan Koperasi dengan Metode Simple Moving Average dan Weighted Moving Averages (Studi Kasus : Koperasi PT. Indonesia Power Semarang)

DISTYA, SOFIAN YUDA (2015) Peramalan Saldo Keuangan Koperasi dengan Metode Simple Moving Average dan Weighted Moving Averages (Studi Kasus : Koperasi PT. Indonesia Power Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (528Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3760b) | Preview

      Abstract

      Ketidakstabilan dalam jumlah saldo keuangan koperasi yang terjadi tiap periodenya dikarenakan masih diterapkannya analisa dengan metode manual yang menyebabkan tidak efisien dan efektif yang menyebabkan Kepala Bagian Koperasi tidak memiliki perkiraan jumlah saldo keuangan yang dapat membantu dalam mengatur strategi peramalan saldo keuangan koperasi pada setiap periodenya. Untuk dapat meramalkan saldo keuangan koperasi tiap periodenya peneliti menggunakan metode forecasting simple moving averages dan weighted moving averages. Dari metode tersebut dilakukan pengujian error menggunakan mean absolute deviation dan mean square error, sehingga akan diperoleh metode mana yang lebih sesuai bila diterapkan pada Koperasi PT. Indonesia Power Semarang dalam membantu meramalkan saldo keuangan koperasi tiap periodenya. Setelah melakukan pengujian didapatkan bahwa metode simple moving averages memiliki nilai error yang lebih kecil dibandingkan dengan weighted moving averages, sehingga simple moving averages lebih cocok diterapkan dalam membantu meramalkan saldo keuangan koperasi tiap periodenya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16755

      Actions (login required)

      View Item