UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Untuk Kelas Unggulan di SMP Negri 6 Semarang Menggunakan Metode PROMETHEE (Preference Ranking Organization Method for Enrichment of Evaluations)

ARDY, NUGROHO SULISTYO (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Untuk Kelas Unggulan di SMP Negri 6 Semarang Menggunakan Metode PROMETHEE (Preference Ranking Organization Method for Enrichment of Evaluations). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (475Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pemilihan siswa berprestasi adalah salah satu langkah penting bagi sekolah menengah pertama atas baik negeri maupun swasta untuk mempersiapkan siswa yang dapat menjadi andalan bagi sekolah dan panutan bagi siswa lain dalam berprestasi. Pembentukan kelas unggulan pada SMP Negeri 6 Semarang dilakukan pada saat kelas VIII. Pemilihan siswa terbaik untuk menghuni kelas unggulan ditentukan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu dengan memilih 25 siswa dengan nilai rapor, piagam dan nilai ekstrakulikuler tertinggi dari seluruh kelas pada saat kenaikan kelas VII. Saat ini di SMP Negeri 6 Semarang melakukan pemilihan siswa terbaik dengan cara perankingan manual yang menyebabkan hasil penilaian yang kurang objektif kepada calon siswa kelas unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Promethee ke dalam pemilihan siswa terbaik untuk kelas unggulan di SMP Negeri 6 Semarang dan mampu memberikan penilaian yang objektif kepada calon siswa terbaik. Dari hasil penelitian, metode Promethee dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada pemilihan siswa terbaik untuk kelas unggulan di SMP Negeri 6 Semarang serta sistem pendukung keputusan yang telah dibangun mampu memberikan hasil penilaian yang objektif untuk calon siswa terbaik untuk kelas unggulan di SMP Negeri 6 Semarang.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16777

      Actions (login required)

      View Item