UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI AUTOMETIC METER READING BERDASARKAN DOMAIN MEA KERANGKA KERJA COBIT 5 PADA DIVISI TRANSAKSI ENERGI LISTRIK PT. PLN (Persero) AREA SEMARANG

IDHAM, RISDIA DWI (2015) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI AUTOMETIC METER READING BERDASARKAN DOMAIN MEA KERANGKA KERJA COBIT 5 PADA DIVISI TRANSAKSI ENERGI LISTRIK PT. PLN (Persero) AREA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (237Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      PT. PLN (Persero) Area Semarang memiliki sebuah sistem Autometic Meter Reading yang dibuat dengan tujuan agar mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi tentang penggunaan energi listrik yang dipakai oleh pelanggan. Seiring bertambahnya pengguna sistem Autometic Meter Reading masih mengalami beberapa masalah pada saat melakukan dial meter. Terputusnya proses Dial saat terjadi gangguan pada jaringan GSM yang dipakai, keterlambatan penyajian laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan. Oleh karena itu perlu diadakannya analisis tata kelola teknologi informasi untuk mengetahui seberapa besar kapabilitas pada penggunaan Autometic Meter Reading dengan tujuan yang dinginkan. Metode pengukuran yang digunakan adalah studi dokumen, wawancara, dan kuisioner. Kemudian dilakukan analisis teknologi informasi untuk mengetahui kapabilitas sistem yang sedang berjalan berdasarkan kerangka kerja Cobit 5. Domain yang dipakai dari Cobit 5 untuk melakukan audit teknologi informasi adalah monitor, evaluate, and assess (MEA), karena penelitian ini hanya berfokus pada evaluasi tata kelola teknologi informasi yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai rekomendasi dalam perbaikan agar kinerja dan kualitas sistem Autometic Meter Reading bisa berjalan sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Dari hasil studi dokumen, wawancara dan kuesioner berdasarkan kerangka kerja COBIT 5 dihasilkan level kapabilitas tata kelola proses Autometic Meter Reading pada PT. PLN (Persero) Area Semarang saat ini adalah 3 (established process) dengan nilai 3,08 dimana pengimplementasian tata kelola teknologi informasi telah mencapai target yang diharapkan . Dan PT. PLN (Persero) Area Semarang harus tetap menjalankan tata kelola teknologi informasi tersebut dan harus ditingkatkan secara berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa yang akan datang.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16784

      Actions (login required)

      View Item