UDiNus Repository

Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Absensi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Dengan Menggunakan Kerangka COBIT Versi 5

NIA, SULISTYOWATI ENDANG (2015) Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Absensi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Dengan Menggunakan Kerangka COBIT Versi 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (83Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3692b) | Preview

      Abstract

      Teknologi informasi (TI) memiliki peran yang sangat penting di dalam suatu organisasi untuk mendukung fungsi bisnis di dalam organisasi tersebut. Jika pemanfaatannya TI sudah berjalan dengan baik dan mampu berintegrasi dengan baik, maka TI mampu mendorong untuk terjadinya peningkatan kinerja di dalam organisasi. Untuk itu, dibutuhkan manajemen TI agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Dalam pelaksanaanya, manajemen TI juga membutuhkan monitoring dan evaluasi yang bertujuan untuk memantau, mengevaluasi dan memastikan pemenuhannya ditinjau dari pendekatan objektif dari suatu standar. Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah telah menerapkan teknologi informasi dalam melakukan absensi pegawainya untuk mendukung pelayanan serta kinerja yang baik daripegawainya. Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah memerlukan suatu audit dari teknologi informasi absensi tersebut, untuk mengidentifikasi masalah serta memberikan perbaikan. Standar evaluasi yang digunakan adalah COBIT 5 domain Monitor, Evaluate and Assess (MEA) yang berfokus pada teknologi informasi absensi kepegawaiannya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:12
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:12
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16793

      Actions (login required)

      View Item