UDiNus Repository

DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS PADA SMA NUSA BAKTI)

MIRA, OCTARINA (2015) DECISION SUPPORT SYSTEM UNTUK PENENTUAN PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS PADA SMA NUSA BAKTI). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (247Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      SMA Nusa Bakti merupakan salah satu sekolah menengah atas yang ada di Semarang, pada setiap periode melakukan penilaian terhadap siswa yang mengajukan beasiswa.Identifikasi masalah yang ada pada penyeleksian beasiswa di SMA Nusa Bakti adalah penilaian selama ini hanya berdasarkan nilai akademik yang diperoleh dan penghasilan orang tua, hal ini menghasilkan penerima beasiswa yang kurang tepat sasaran, dan kurang merata. Yang dimaksud kurang tepat sasaran yaitu terdapat siswa yang lebih layak menerima beasiswa dibandingkan dengan siswa lain yang lolos memperoleh beasiswa namun tidak lolos memperoleh beasiswa tersebut, dan kurang tepat sasaran yaitu siswa siswa yang periode lalu menerima beasiswa, di periode selanjutnya dapat menerima beasiswa lagi, sedangkan banyak siswa yang juga layak menerima namun tidak dapat menerima lagi pada periode berikutnya. Agar penerimaan beasiswa dapat tepat sasaran, dan merata maka perlunya dilakukan analisa penilaian untuk memperoleh penerima beasiswa yang layak. Maka akan dilakukan analisa pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa menggunakan metode SAW. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan penghitungan untuk menentukan penerimaan beasiswa dengan menggunakan metode SAW yaitu mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Kriteria yang digunakan dalam penghitungan adalah karakter, prestasi, tanggungan, dan penghasilan dari orang tua murid. Penelitian ini menghasilkan analisa penghitungan menggunakan SAW ini dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan karena setiap siswa memiliki kriteria masing - masing yang akan dilakukan perankingan untuk mengetahui nilai tertinggi sampai terendah.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16828

      Actions (login required)

      View Item