UDiNus Repository

PENENTUAN KREDIBILITAS NASABAH DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADAPTIVE WEIGHTING) DAN FMADM (FUZZY MULTIPLE ATRIBUTE DECISION MAKING)(STUDI KASUS : BPR PANASAYU ARTHALAYAN SEJAHTERA

MERIZKA, RALIS (2015) PENENTUAN KREDIBILITAS NASABAH DALAM MENENTUKAN KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE SAW (SIMPLE ADAPTIVE WEIGHTING) DAN FMADM (FUZZY MULTIPLE ATRIBUTE DECISION MAKING)(STUDI KASUS : BPR PANASAYU ARTHALAYAN SEJAHTERA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (386Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      BPR PAS ( Bank Perkreditan Rakyat Panasayu Arthalayan Sejahtera ) merupakan bank pengkreditan rakyat yang menjalankan proses bisnis simpan pinjam. Identifikasi masalah yang ditemukan terdapat nasabah yang mendapatkan kredit tidak dapat melakukan kewajibannya untuk mengangsur pinjaman dengan lancar, ini disebabkan tidak adanya analisa penghitungan analisa kredit untuk memperhitungkan kelayakan kredit nasabah tersebut, oleh karena itu diperlukan adanya analisa kredibilitas nasabah yang akan digunakan untuk menentukan kelayakan pengajuan kredit nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa penghitungan untuk menentukan kredibilitas nasabah yang mengajukan kredit dengan menerapkan model Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) metode yang digunakan adalah Simple Additive Weighting (SAW) untuk membantu pengambilan keputusan pemberian kredit nasabah. Kriteria yang digunakan dalam melakukan analisa ini yaitu karakter, pekerjaan, capacity, dan colateral. Hasil dari penelitian ini yaitu metode penghitungan menggunakan metode SAW yang menghitung kriteria yang dimiliki setiap nasabah, kriteria yang digunakan adalah karakter, pekerjaan, pendapatan, dan anggunan. Dari kriteria tersebut dibuat rating kecocokan, sehingga dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan nasabah mana yang layak menerima pinjaman kredit.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16829

      Actions (login required)

      View Item