UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Logistik Bencana Banjir Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes.

AGYZTIA, PREMANA (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Logistik Bencana Banjir Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (126Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4058b) | Preview

      Abstract

      Indonesia merupakan daerah rawan bencana yang terjadi disebabkan oleh alam maupun perbuatan manusia. Akibat dari bencana- bencana tersebut berdampak pada terjadinya pengungsian yang disebabkan rumah tinggalnya rusak atau ancaman lainya dan memaksa mereka mencari tempat lain yang lebih aman. Dengan kondisi tersebut perlu upaya mempercepat untuk dilakukan berbagai langkah Penanggulangan antara lain pertolongan, penyelamatan, pemberian bantuan logstik, hunian sementara, pemenuhan kebutuhan dasar, pelayanan kesehatan dan kebutuhan air bersih. Adanya berbagai tuntutan tersebut maka muncul yang disebut kebutuhan logistik untuk korban bencana. Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bertanggung jawab memberikan bantuan logistik. Pemberian bantuan logistik oleh petugas berdasarkan kondisi bencana dan kriteria-kriteria korban bencana banjir yang telah ditentukan, karena sangat diperlukan untuk menentukan daerah mana yang akan terlebih dahulu diberikan bantuan logistik sesuai dengan kebutuhan. Metode simple additive weighting (SAW), diharapkan bisa lebih tepat dan akurat dalam menyelesaikan masalah tersebut,sehingga sesuai dengan maksud dan tujuan yaitu berdasarkan data dan kriteria yang sudah ditentukan maka dapat menentukan pemberian bantuan logistik pada daerah terkena bencana.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16845

      Actions (login required)

      View Item