UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelas Perawatan bagi Peserta BPJS Kesehatan dengan Metode Simple Additive Weighting

NURMA, SARI WASKITO (2015) Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelas Perawatan bagi Peserta BPJS Kesehatan dengan Metode Simple Additive Weighting. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (173Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3899b) | Preview

      Abstract

      Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini menuntut masyarakat untuk semakin cepat mendapatkan informasi. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan penggunakan teknologi informasi dalam pengolahan data. Pengolahan data yang baik akan menghasilkan informasi cepat, akurat dan dapat di percaya. Informasi merupakan acuan utama untuk mengambil kebijakan perusahaan. Dalam hal ini mengenai kebijakan penentuan kelas perawatan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).Dalam kebijakan penentuan kelas perawatan untuk rawat inap bagi peserta, penyajian informasi yang dibutuhkan memakan waktu yang lama lebih dari satu hari. Proses pengajuan menjadi peserta dan menentukan kelas mulai dari pengumpulan berkas dan proses verifikasi data yang meliputi informasi pribadi, pekerjaan serta gaji. Hal inilah yang menyebabkan pengambilan keputusan penentuan kelas perawatan memakan waktu yang lama.Pendekatan yang digunakan untuk mendukung sistem pendukung keputusan Penentuan Kelas Perawatan bagi Peserta BPJS Kesehatan adalah dengan Metode Simple Additive Weighting. Sistem pendukung keputusan ini bertujuan untuk mempercepat proses penentuan kelas perawatan bagi peserta BPJS Kesehatan. Sistem ini menghasilkan simulasi penentuan kelas perawatan dengan kriteria jenis pekerjaan, pekerjaan, golongan, gaji.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16849

      Actions (login required)

      View Item