UDiNus Repository

METODE PENGAMANAN UNTUK FILE BERTIPE DOKUMEN MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM (IDEA) DAN STEGANOGRAFI LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB)

ROMARIO, HENDRAWAN (2015) METODE PENGAMANAN UNTUK FILE BERTIPE DOKUMEN MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI INTERNATIONAL DATA ENCRYPTION ALGORITHM (IDEA) DAN STEGANOGRAFI LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (149Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pertukaran suatu informasi pada jaman global ini semakin menjadi sebuah kebutuhan vital dalam berbagai aspek kehidupan. Namun terdapat beberapa informasi penting dimana informasi tersebut diminati oleh berbagai pihak yang juga memiliki kepentingan didalamnya. Dalam hal ini masalah keamanan dan kerahasiaan data adalah suatu hal yang sangat penting, maka harus ada perlindungan terhadap data yang kita miliki. Enkripsi merupakan proses penyandian plainteks menjadi cipherteks, teknik enkripsi digunakan sebagai teknik pengamanan data asli yang diubah menjadi data rahasia. Selanjutnya dekripsi merupakan proses mengembalikan cipherteks menjadi plainteks, maka dengan cara ini pesan asli tidak akan terbaca oleh pihak yang tidak berkepentingan. Salah satu teknik untuk mengamankan file yaitu dengan mengimplementasikan kriptografi metode IDEA (International Data Encryption Algorithm). Namun penggunaan satu metode masih dapat menimbulkan kecurigaan, untuk melengkapi agar data dapat tersembunyi dengan aman dan tidak tidak menimbulkan kecurigaan. Penggunaan Steganografi LSB (Least Significant Bit) akan menjadi kombinasi yang baik. Steganografi least significant bit merupakan suatu teknik menyisipkan informasi penting kedalam suatu media seperti image. Dengan menggunakan metode ini maka perubahan yang terjadi tidak menimbulkan kecurigaan karena secara kasat mata tidak menimbulkan perubahan yang besar.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16859

      Actions (login required)

      View Item