UDiNus Repository

Media Pembelajaran Interaktif Instalasi Penerangan Listrik Sederhana (IPLS)

MIFTAKHUL, FAUZAN MUIS (2015) Media Pembelajaran Interaktif Instalasi Penerangan Listrik Sederhana (IPLS). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (83Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Semarang pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik sederhana masih (IPLS) menggunakan metode konvensional, guru cenderung menguasai kelas dengan metode ceramah dan memanfaatkan buku. Untuk mengatasi hal tersebut,digunakan media yang membantu pembelajaran interaktif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: bagaimana kelayakan media pembelajan interaktif, bagaimana hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif, dan bagaimana aktifitas siswa selama menggunakan media pembelajaran. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik sederhana (IPLS), mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan menggunakan media pembelajaran interaktif, dan mengetahui aktifitas pembelajaran siswa selama menggunakan media interaktif.Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau R&D, subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran, lembar validasi perangkat, lembar pengamatan aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dinyatakan dalam persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan rating 83,51% sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran, ketuntasan hasil belajar yang dicapai siswa pada ranah kognitif mencapai 85,7% dengan nilai rata-rata kelas adalah79,5 sedangkan hasil belajar siswa pada ranah afektif mencapai nilai rata-rata 15,95 dengan kategori sikap/ minat positif, dan aktifitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran mencapai rerata sebesar 95% dengan kategori reabilitas tinggi. Hasil validasi perangkat mendapat nilai rata-rata 81,5%dari semua aspek dan validasi butir soal termasuk dalam kategori sangat layak.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16866

      Actions (login required)

      View Item