UDiNus Repository

SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH BERDASARKAN PEMINATAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ASOSIASI YANG DISEMPURNAKAN DENGAN ALGORITMA GENETIKA

WAHYU, SETIAWATI (2015) SISTEM PENJADWALAN MATA KULIAH BERDASARKAN PEMINATAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ASOSIASI YANG DISEMPURNAKAN DENGAN ALGORITMA GENETIKA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (133Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3608b) | Preview

      Abstract

      Secara umum, sebuah jadwal mata kuliah harus dapat memenuhi kebutuhan dari pihak universitas dan pihak dosen. Sedangkan kebutuhan dari pihak mahasiswa seperti minat dan pengambilan mata kuliah di semester sebelumnya tidak dipertimbangkan. Karena itu perlu adanya suatu sistem penjadwalah yang tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan universitas dan dosen, tapi juga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Proses penelitian ini menggunakan metode asosiasi untuk mencari keterhubungan data input yang berupa histori pengambilan mata kuliah mahasiswa sehingga mampu memprediksi perkiraan jumlah kelas yang harus dibuka untuk mata kuliah tersebut. Proses penelitian kemudian dilanjutkan dengan menggunakan algoritma genetika yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah optimasi kombinasi jadwal mata kuliah berdasarkan hasil asosiasi dan input data berupa nama mata kuliah, jumlah sks, nama dosen, nama kelas dan kapasitas kelas.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16873

      Actions (login required)

      View Item