MUHAMMAD, AGUNG THORIQ (2015) PENERAPAN DATA MINING PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK MENGATUR PENEMPATAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (413Kb) | Preview | |
| PDF Download (3940b) | Preview |
Abstract
Dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini menuntut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Untuk mencapai hal itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualiatas produk, penambahan jenis produk, dan pengurangan biaya operasional perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya dengan melakukan analisis data perusahaan. Dalam data mining terdapat beberapa algoritma atau metode yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu algoritma apriori yang termasuk dalam aturan asosiasi dalam data mining. Algoritma apriori yang bertujuan untuk menemukan frequent item sets pada sekumpulan data. Algoritma apriori didefinisikan suatu proses untuk menemukan suatu aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui apakah algoritma apriori dapat mengembangkan penjualan dan strategi pemasaran serta mengetahui hubungan antar barang guna menentukan penempatan barang. Kesimpulan dari pembuatan tugas akhir ini adalah mengidentifikasi barang-barang yang dibeli secara bersamaan kemudian digunakan untuk mengatur penempatan/tata letak barang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:13 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:13 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16908 |
Actions (login required)
View Item |