UDiNus Repository

OPTIMALISASI SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ ) (Studi Kasus pada : PT. New Makmurtex)

CAHYA, KARUNIAWAN (2015) OPTIMALISASI SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ ) (Studi Kasus pada : PT. New Makmurtex). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (314Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4013b) | Preview

      Abstract

      PT.New Makmurtex merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yaitu memproduksi kain printing. Dalam melakukan kegiatan produksinya sangat berkaitan dengan persediaan bahan baku yang merupakan komponen penting yang harus tersedia untuk kelancaran proses produksi. Persediaan bahan baku muncul karena memang direncanakan atau merupakan akibat dari ketidaktahuan terhadap suatu informasi. Hal yang menyebabkan perusahaan memiliki persediaan bahan baku karena perusahaan sengaja membuat produk lebih awal atau karena akibat dari permintaan yang lebih sedikit sehingga menyebabkan jumlah persediaan bahan baku yang kurang efisien. Selain itu persediaan bahan baku juga dapat mempengaruhi total biaya yang dikeluarkan oleh PT. New Makmurtex.Untuk itu dilakukan penelitian dengan menggunakan Model Economic Order Quantity (EOQ), yang mana dengan menggunakan model ini terbukti membantu PT. New Makmurtex untuk mengetahui banyaknya jumlah pemesanan bahan baku yang optimal sebanyak 43.195,372 meter dan kapan melakukan pemesanan bahan baku kembali ketika stok kurang lebih sebanyak 48.3409 meter. Dan juga menghasilkan perancangan supply chain management system dalam pengadaan bahan baku yang dapat membantu dalam proses persediaannya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16918

      Actions (login required)

      View Item