UDiNus Repository

DESAIN SISTEM PENENTUAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG

DIOTA, KRISTANTO WAHYU (2015) DESAIN SISTEM PENENTUAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CUSTOMER SATISFACTION DI RUMAH SAKIT BANYUMANIK SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1492Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Meningkatnya jumlah penduduk yang sangat signifikan menjadi perhatianutamadalampelayanan kesehatan. Tujuan utama pelayanan kesehatan adalah mencapai kepuasan pengguna jaminan kesehatan yang diberikan oleh penyedia jasa layanan kesehatan.Rumah Sakit menjadikomponen utama dalam pelayanan BPJS. Rumah Sakit Banyumanik Semarang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS untuk pasien rawat inap masih harus diukur apakah sudah memenuhi tingkat kepuasan pelayanan pasien atau belum. Hal ini menyebabkan diperlukannya upaya continuous improvement layanan Rumah Sakit yang meliputi proses perbaikan, perencanaan, dan peningkatan pelayanan kesehatan secara konsisten dan berkelanjutan berorientasi pada kepuasan pasien. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah dengan Quality Function Deployment (QFD). Hasil perhitungan dan analisa QFD pada Rumah Sakit Banyumanik Semarang menunjukkan bahwa atribut jasa pelayanan yang dianggap penting oleh pasien berdasarkan tingkat kepentingan adalah menjaga kerahasiaan pasien selama berada dalam ruang rawat inap dengan nilai 3,564; bedasarkan urutan kinerja adalah menjaga kerahasiaan pasien selama berada dalam ruang rawat inap dengan nilai 4,25; berdasarkan nilai urutan prioritas adalah pelatihan perawat untuk pelayanan pasien dengan nilai 19,8650. Hal kedepan yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan pelayanan pasien adalah melakukan pengukuran kembali tentang kepuasan pasien dan melakukan analisis peningkatankepuasan konsumen dengan metode analisis fishbone diagram dansix sigma.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16919

      Actions (login required)

      View Item