UDiNus Repository

ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN MENGGUNAKAN METODE ACTION RESEARCH PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN PEMALANG

MUHAMMAD, UMAM KHOIRUL (2015) ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN MENGGUNAKAN METODE ACTION RESEARCH PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATEN PEMALANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (629Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang menekankan pada proses monitoring dan pengukuran parameter jaringan pada infrastruktur jaringan seperti kecepatan akses dan kapasitas transmisi, dari titik pengirim ke titik penerima yang menjadi tujuan, parameter yang digunakan jitter,delay(latency), packet loss dan throughput .Menggunakan tools PRTG,NetTools v5,IPERF/JPERF. Hasil data analisis yang diperoleh pada parameter dengan menggunakan tools tersbut pada pengujian jitter hasil terbaik didapatkan pada tanggal 31 Agustus 2015 yaitu dengan nilai 0.101 ms, pada pengujian delay (latency) hari maka hasil terbaik didapatkan pada tanggal 27 Agustus 2015 yaitu dengan nilai 39.4 ms, pada pengujian packet loss maka hasil terbaik didapatkan pada tanggal 28 Agustus 2015 yaitu dengan nilai 9.8% Packet Loss dan pada pengujian throughput yang telah dilakukan selama beberapa hari maka hasil yang didapatkan adalah sama pada setiap tanggalnya yaitu 1.21 MB/s. Dengan metode action research melakukan diagnosa (diagnosing), membuat rencana tindakan(action reseacrh),melakukan tindakan(action taking),melakukan evaluasi(evaluation),pembelajaran(learning). Dari hasil analisa yang telah dilakukan selama beberapa hari di Jaringan Wireless Dinhubkominfo Kabupaten Pemalang, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas jaringan di tempat tersebut belum optimal dikarenakan kondisi cuaca yang banyak mempengaruhi kualitas jaringan tersebut sehingga hasil yang didapatkan ada yang belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network)

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16922

      Actions (login required)

      View Item