UDiNus Repository

APLIKASI DATA MINING DISTRIBUSI PENYAKIT DIARE DENGAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA A-PRIORI (STUDI KASUS PUSKESMAS TAMBAKBOYO)

SANDI, AJI KELANA (2015) APLIKASI DATA MINING DISTRIBUSI PENYAKIT DIARE DENGAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA A-PRIORI (STUDI KASUS PUSKESMAS TAMBAKBOYO). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (168Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Selama tahun 2014, Puskesmas Tambakboyo memiliki data pasien sebanyak 12.399 orang. Dari data tersebut diare merupakan salah satu penyakit yang selalu bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2012 dengan 1.380 kasus, 2013 dengan 1.583 kasus dan tahun 2014 dengan 1.808 kasus atau sekitar 14% dari total pasien pada tahun itu. Dengan besarnya data informasi yang telah dikelola sekian lama terkadang tidak diimbangi dengan penyajian informasi yang memadai. Didalam pengambilan keputusan tidak hanya mengandalkan data oprasional saja akan tetapi data tersebut perlu dianalisa untuk mendapatkan informasi mengenai potensi yang dapat dimanfaatkan oleh pengambil keputusan. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlunya suatu solusi untuk mengetahui penyebaran penyakit diare. Misalkan mencari pasien yang terkena diare berdasarkan jenis kelamin dan juga pasien terkena diare dari wilayah kelurahan tertentu. Metode yang digunakan yaitu metode association rule menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori mampu memberikan solusi dalam penentuan pola data penyebaran penyakit diare di Kecamatan Tambakboyo. Dengan menyediakan seleksi atau pengelompokan terhadap data keseluruhan penyebaran penyakit diare berdasarkan jenis kelamin, ataupun pengelompokan penyebaran di setiap wilayah berdasarkan hasil perhitungan terhadap nilai support dan confident. Penyediaan laporan akan penyebaran penyakit diare di wilayah Tambakboyo juga semakin cepat.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16927

      Actions (login required)

      View Item