UDiNus Repository

PEMANFAATAN TEKNOLOGI BARCODE DAN SMS GATEWAY UNTUK FRAMEWORK PENCARIAN LOKASI DOSEN STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG

DHIMAS, SAMPURNO (2015) PEMANFAATAN TEKNOLOGI BARCODE DAN SMS GATEWAY UNTUK FRAMEWORK PENCARIAN LOKASI DOSEN STUDI KASUS PADA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1910Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan mahasiswa UDINUS yang memerlukan informasi lokasi dosen dan informasi tersebut dapat diakses dengan mudah, kapan saja dan dimana saja, kebutuhan ini muncul karena kegiatan akademik yang mewajibkan bertatap muka atau berkonsultasi dengan dosen, hal ini menyebabkan mahasiswa membuang waktu untuk menunggu dosen yang bersangkutan, padahal jika mahasiswa dapat mengetahui dosen tersebut tidak ada di tempat, mahasiswa dapat menggunakan waktu nya lebih optimal untuk menyelesaikan tugas akademik yang lainya. Oleh karena itu perlu dibuat aplikasi yang dapat menginformasikan lokasi dosen. Penelitian ini menggunakan metode prototype untuk mengembangkan aplikasi, yang menghasilkan aplikasi scanner barcode disimulasikan dengan enam ruangan di UDINUS dengan mengabaikan regulasi kampus tentang penggunaan ID Card dosen. Aplikasi ini memanfaatkan barcode yang ada pada ID Card dosen, lokasi dosen dideteksi oleh aplikasi ketika dosen melakukan scan barcode, aplikasi menyimpan data diruang mana dosen melakukan scan barcode, kemudian data lokasi dosen yang sudah terekam tersebut dapat diakses oleh mahasiswa UDINUS melalui sms gateway. Untuk penelitian selanjutnya teknologi barcode dapat diupgrade menjadi RFID dan sms gateway diintegreasikan ke sistem informasi akademik dan dikembangkan agar informasi dapat diakses melalui aplikasi android atau iphone, serta di realisasikan dengan kunci pintu otomatis dan sistem one way dengan id card sebagai kuncinya.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:13
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:13
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16938

      Actions (login required)

      View Item