UDiNus Repository

Perancangan Game Edukasi Belajar ABACA Sebagai Upaya Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini 1-5 Tahun

ELYS, SAPUTRI NOVITA (2015) Perancangan Game Edukasi Belajar ABACA Sebagai Upaya Pengenalan Huruf Pada Anak Usia Dini 1-5 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (330Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pengenalan huruf kepada anak usia dini melalui tulisan dirasa kurang efektif karena kurang menarik minat anak untuk memahaminya. Dibutuhkan adanya sebuah media baru yang dapat membantu anak untuk mengenal dan menghafal huruf. Penelitian dan perancangan yang dilakukan ini sebagai upaya pengenalan huruf kepada anak usia dini (1-5 tahun) sehingga anak mampu mengenal huruf sebelum memasuki sekolah lanjut. Melalui penelitian dengan metode kualitatif serta analisis data menggunakan metode 5W+1H di dapatkan salah satu masalah yang paling mendasar yang ditemukan dilapangan adalah bahwa anak-anak kurang bisa menghafal huruf yang sudah dikenalkan. Kebanyakan anak menghafal huruf hanya dengan bentuknya. Anak-anak berusia 1-5 tahun lebih menyukai bentuk gambar, gerakan dan suara dibandingkan tulisan. Game tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana hiburan atau permainan tetapi dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampikan informasi dan pendidikan. Tantangan dalam game akan memancing konsentrasi player untuk masuk dan mendalami permainangame. Game mobile berbasis Android yang saat ini banyak diminati oleh semua kalangan dan dianggap lebih praktis, menjadi pilihan dalam perancangan ini. Berdasarkan teori dan penelitian, Game dengan genre puzzle yang memberikan exposure yang tinggi pada karakter dan bentuk huruf dipilih sebagai media utama pengenalan huruf kepada anak usia dini. Bentuk huruf yang menjadi fokus utama dalam game dibangun berdasarkan referensi tertulis maupun referensi visual yang ada dan diberikan penyesuaian sehingga dapat dinikmati oleh anak-anak usia dini. Bentuk huruf dan penyampaiannya pun disederhanakan dan disesuaikan dengan gaya yang popular di kalangan anak usia dini.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16952

      Actions (login required)

      View Item