DIYANITA, SEVENTIANI (2015) Perancangan Game Kerajaan Emporium : The First Empire Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Kebudayaan Indonesia Pada Anak Sekolah Dasar Usia 10-12 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Ada banyak kerajaan-kerajaan besar di Indonesia yang pernah berjaya pada masanya. Di antara kerajaan-kerajaan tersebut, terdapat tiga kerajaan utama yang mempunyai andil besar dalam meramaikan perniagaan Internasional pada kurun abad ke-7 hinga ke-15, yaitu Sriwijaya, Singasari dan Majapahit. Sayangnya, pada saat ini banyak anak kurang mengenal sejarah kerajaan dengan baik karena minat anak untuk mempelajari sejarahnya terbilang rendah. Perancangan Game Kerajaan Emporium: The First Empire ini dimaksudkan sebagai media alternatif bagi penyampaian materi bertemakan sejarah kerajaan, sebab selama ini media yang digunakan bersifat satu arah dan bersifat transfer knowledge saja. Pendekatan perancangan menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada target audiens untuk mengetahui permasalahan utama yang menjadi dasar rendahnya minat anak untuk mempelajari sejarah kerajaan di Indonesia. Dengan perkembangan teknologi, materi kerajaan dikemas dalam bentuk game edukasi sehingga mampu menarik minat anak untuk mempelajari sejarah kerajaan. Dengan menggunakan media game berbasis android maka anak akan dengan mudah belajar tentang kerajaan karena sifatnya yang portabel.
Actions (login required)