UDiNus Repository

Perancangan Game Kerajaan Emporium : The First Empire Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Kebudayaan Indonesia Pada Anak Sekolah Dasar Usia 10-12 Tahun

DIYANITA, SEVENTIANI (2015) Perancangan Game Kerajaan Emporium : The First Empire Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Terhadap Kebudayaan Indonesia Pada Anak Sekolah Dasar Usia 10-12 Tahun. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (414Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4054b) | Preview

      Abstract

      Ada banyak kerajaan-kerajaan besar di Indonesia yang pernah berjaya pada masanya. Di antara kerajaan-kerajaan tersebut, terdapat tiga kerajaan utama yang mempunyai andil besar dalam meramaikan perniagaan Internasional pada kurun abad ke-7 hinga ke-15, yaitu Sriwijaya, Singasari dan Majapahit. Sayangnya, pada saat ini banyak anak kurang mengenal sejarah kerajaan dengan baik karena minat anak untuk mempelajari sejarahnya terbilang rendah. Perancangan Game Kerajaan Emporium: The First Empire ini dimaksudkan sebagai media alternatif bagi penyampaian materi bertemakan sejarah kerajaan, sebab selama ini media yang digunakan bersifat satu arah dan bersifat transfer knowledge saja. Pendekatan perancangan menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada target audiens untuk mengetahui permasalahan utama yang menjadi dasar rendahnya minat anak untuk mempelajari sejarah kerajaan di Indonesia. Dengan perkembangan teknologi, materi kerajaan dikemas dalam bentuk game edukasi sehingga mampu menarik minat anak untuk mempelajari sejarah kerajaan. Dengan menggunakan media game berbasis android maka anak akan dengan mudah belajar tentang kerajaan karena sifatnya yang portabel.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16954

      Actions (login required)

      View Item