UDiNus Repository

PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI MENGGUNAKAN DATA TIME SERIES UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRODUKSI BAHAN BAKU MATERIAL UD BATU KENCANA

OKKY, HERMAWAN (2015) PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI MENGGUNAKAN DATA TIME SERIES UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRODUKSI BAHAN BAKU MATERIAL UD BATU KENCANA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (434Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3727b) | Preview

      Abstract

      Produksi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan sebuah perusahaan khususnya UD Batu Kenana yang bergerak dibudang persediaan bahan material. Oleh karena itu, pengembangan sistem ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang berbasis web mengunakan metode fuzzy mamdani dengan data time series untuk sistem pendukung keputusan jumlah bahan baku yang akan digunakan untuk diolah menjadi beberapa jenis bahan material berdasarkan data persediaan dan permintaan. Pengembangan system ini dibuat berbasis web menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySql dan dari beberapa hasil pengujian apliksai maka diketahui bahwa sistem pengambilan keputusan dari implemantasi metode fuzzy mamdani sebagian besar dapat memenuhi jumlah permintaan yang ada. Dengan menggunkan aplikasi ini diharap pihak perusahaan dapat melakukan peramalan lebih cepat dari perhitungan manual, sehingga dapat menguragi kerugian dan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam meramalkan jumlah produksi bahan baku berdasarkan pesediaan dan jumlah permintaan.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16956

      Actions (login required)

      View Item