UDiNus Repository

PENINGKATAN SISTEM KEAMANAN PESAN PADA PERANGKAT MOBILE ANDROID DENGAN ENKRIPSI DEKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA AFFINE CIPHER DAN VIGENERE CIPHER

KHOZINUL, ASROR (2015) PENINGKATAN SISTEM KEAMANAN PESAN PADA PERANGKAT MOBILE ANDROID DENGAN ENKRIPSI DEKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA AFFINE CIPHER DAN VIGENERE CIPHER. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (659Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat telah memberikan manfaat yang begitu besar.Salah satunya dalam penyampaian informasi melalui pesan singkat (SMS) pada telpon sellular. Pada penelitian ini dirumuskan masalah tentang bagaimana mengimplementasikan algoritma Affine cipher dan Vigenere cipher untuk keamanan pesan pada perangkat mobile android agar dapat menjadi lebih aman. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang keamanan pesan pada perangkat mobile android menggunakan enkripsi Affine cipher dan Vigenere cipher, serta mengimplementasikannya ke dalam sebuah apliaksi android menggunakan pemprogaman java. Affine cipher dan Vigenere cipher merupakan bagian dari algoritma simetris. Proses enkripsi dan proses dekripsi pada algoritma Affine cipher membutuhkan dua kunci, sedangkan proses enkripsi dan dekripsi menggunakan Vigener cipher membutuhkan satu kunci. Dengan memanfaatkan algoritma ini pesan yang dikirim akan menjadi lebih aman karena menggunakan 3 kunci. karakter yang di gunakan juga tidak sebatas huruf abjad namun sebanyak 90 karakter yang meliputi angka dan symbol dan spasi. Dari system enkripsi pesan yang dibangun dilakukan percobaan sebanyak 10 kali, yang mana dari pengujian tersebut hanya satu kali pengujian saja yang tidak berhasil di dekripsi kembali. Sehingga aplikasi menggunakan algoritma affine ciper dan vigenere ciper dapat dikatakan bisa mengamankan pesan dengan tingkat keamanan 90%.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16966

      Actions (login required)

      View Item