ARETTA, ANIENDRA (2015) Perancangan Game Action “Adventure in Mandhala Bhakti Museum” untuk mengenalkan Museum Mandhala Bhakti di Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Di jaman yang serba teknologi ini membuat hal-hal yang berupa sejarah tidak dilirik. Teknologi makin banyak diciptakan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih praktis. Hal ini menjadi dasar bagi pihak museum Mandhala Bhakti untuk mulai melakukan kampanye dan promosi dengan media teknologi untuk mengenalkan museumnya sebagai kawasan wisata sejarah, yaitu dengan membuat perancangan game Adventure in Mandhala Bhakti Museum. Dalam game ini pemain akan diajak untuk mengenal museum Mandhala Bhakti dengan teknologi visual 2 dimensi. Dibandingkan dengan pengetahuan sejarah mengenai museum Mandhala Bhakti terbatas dalam bentuk visual pembelajaran interaktif menjadi kurang maksimal karena tidak semua anak mengetahui museum Mandhala Bhakti. Dalam game terdapat visualisasi bentuk bangunan dan ruangan yang dapat dipahami oleh target audience mengenai bentuk dari museum Mandhala Bhakti yang dihadirkan dengan menarik dan komunikatif sehingga target audience dapat aktif dalam pembelajaran melalui game. Berdasarkan metode perancangan 5W+1H dengan pengambilan data berupa wawancara dan kuisioner kepada target audience, 90% responden lebih memilih untuk bermain game mobile karena lebih efektif dan praktis untuk metode pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu game Adventure in Mandhala Bhakti Museum ditampilkan dalam 2 dimensi menggunakan platform Android.
Actions (login required)