YUNIAR, SUGANDA (2015) Membangun Perilaku Tanggung Jawab Pada Anak Usia 6-8 Tahun Melalui Game Edukasi Bersihkan Kamarku. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Anak-anak berada pada fase senang bermain sehingga tidak mengenal waktu. Namun perilaku anak-anak sekarang pada umumnya masih suka bermain-main dan tidak sedikit pula anak yang tidak mempunyai sikap tanggung jawab dengan kebersihan dan kerapian kamar tidur serta barang atau mainannya. Hal ini terbukti dari hasil survey yang menunjukkan bahwa 70% anak tidak membersihkan kamarnya sendiri. Penyebab dari kasus ini dikarenakan kebiasaan anak yang dimanjakan oleh orang tuanya dan kurangnya orang tua yang mengajari anak dengan sikap bertanggung jawab. Perancangan game tentang simulasi membersihkan kamar yaitu game Bersihkan kamarku dimaksudkan sebagai media alternatif dalam menyampaikan sosialisasi dan pembelajaran tentang bagaimana anak bersikap terhadap kerapian kamar. Dengan menggunakan pendekatan perancangan menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung kepada target audien untuk mengetahui permasalahan utama yang menjadi dasar kurangnya kesadaran anak terhadap kebersihan kamar mereka sendiri. Dengan perkembangan teknologi, meningkatkan kesadaran anak untuk membersihkan kamar dikemas dalam bentuk game edukasi sehingga mampu meningkatkan kesadaran anak untuk merapikan kamar. Dengan menggunakan media berbasis game komputer maka anak dapa mudah belajar tentang bagaimana merapikan kamar, selain itu orang tua juga dapat mendampingi saat anak bermain game sehingga pesan yang disampaikan akan lebih efektif tersampaikan kepada anak.
Actions (login required)