UDiNus Repository

PERBANDINGAN METODE SETENGAH RATA-RATA DAN METODE KUADRAT TERKECIL UNTUK PERAMALAN PENDAPATAN PERUSAHAAN DI BLU UPTD TERMINAL MANGKANG SEMARANG

RACHMAD, SEPTIAWAN BUDI (2015) PERBANDINGAN METODE SETENGAH RATA-RATA DAN METODE KUADRAT TERKECIL UNTUK PERAMALAN PENDAPATAN PERUSAHAAN DI BLU UPTD TERMINAL MANGKANG SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img] PDF
Download (505Kb)

    Abstract

    BLU UPTD Terminal Mangkang adalah Badan Pengelola Bus Rapid Transit atau yang kita kenal dengan BRT. BLU UPTD Terminal Mangkang mempunyai data pendapatan tiap bulan. Dari data tersebut, kita dapat melakukan peramalan dengan analisis deret berkala. Dalam penelitian ini akan membandingkan metode setengah rata-rata atau kuadrat terkecil untuk mengetahui pendapatan perusahaan BLU UPTD Terminal Mangkang. Tujuannya adalah mengetahui metode yang terbaik untuk meramal pendapatan di BLU Terminal Mangkang. Serta mengetahui keakuratan metode Least Square dan metode Semi Average dalam meramal pendapatan BLU UPTD Terminal Mangkang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, bila dibandingkan metode least square dan metode semi average dapat disimpulkan bahwa metode least square lebih baik dibandingkan dengan metode semi average. Sehingga dengan menggunakan metode least square, peramalan dapat dilakukan dengan sederhana dan menghasilkan output yang lebih akurat. Akurasi metode least square untuk peramalan koridor satu dengan nilai RMSE 60.755.001,55 dan nilai MAPE 8,33% dan untuk peramalan koridor dua dengan nilai RMSE 63.631.105,41 dan nilai MAPE 18% sangat baik jika dibandingkan dengan metode semi average untuk peramalan koridor satu dengan nilai RMSE 62.340.956,08 dan nilai MAPE 8,65% dan untuk peramalan koridor dua dengan nilai RMSE 66.496.101,15 dan MAPE 20,36%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
    Last Modified: 11 Aug 2016 14:10
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16984

    Actions (login required)

    View Item