UDiNus Repository

METODE POHON KEPUTUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PENDUDUK PADA TINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

LILIK, ASTUTI DWI (2015) METODE POHON KEPUTUSAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PENDUDUK PADA TINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (341Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Tingkatan keluarga sejahtera merupakan tingkatan dari kesejahteraan keluarga yang berguna sebagai pembinaan dengan kesesuaian dengan indikator dari tiap kesejahteraan keluarganya. Pembinaan keluarga sejahtera bertujuan untuk memperbaiki permaslahan ekonomi maupun non ekonomi yang ada dari tiap keluarga. Dalam pelaksanaannya KBPP dibantu oleh PLKB di kecamatan bertugas untuk melakukan survey data per kepala keluarga. Dalam pengumpulan data PLKB masih menggunakan cara manual yaitu menulis data per kepala keluarga. Setelah itu, data baru diproses satu persatu untuk menghitung tingkatan keluarga sejahtera. Banyaknya data yang dikumpulkan oleh PLKB menyulitkan untuk dilakukan klasifikasi data kedalam tingkatan kesejahteraan keluarga yang dapat memperlambat kinerja PLKB. Untuk menentukan tingkatan keluarga sejahtera dihitung berdasarkan 21 indikator yang dikelompokkan menjadi 5 tahap keluarga sejahtera. Pola-pola dalam kesejahteraan keluarga dapat diklasifikasikan menggunakan metode data mining dengan algoritma C4.5, menghasilkan aturan klasifikasi yang menghasilkan tahapan keluarga sejahtera. Metode klasifikasi algoritma C4.5 berhasil diimplementasikan pada data kesejahteraan keluarga dusun Joho kecamatan Pringapus, kabupaten Semarang. Dari data tersebut menghasilkan nilai akurasi sebesar 95%. Sehingga penelitian dikatakan berhasil karena dapat membantu meringankan tugas PLKB yaitu mengklasifikasikan data kedalam jenis tingkatan kesejahteraan keluarga menggunakan pohon keputusan data mining berbasis algoritma C4.5.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16991

      Actions (login required)

      View Item