UDiNus Repository

PENGAMANAN DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC) DAN STEGANOGRAFI METODE END OF FILE (EOF)

REZA, OKTAF DWI (2015) PENGAMANAN DOKUMEN TEKS MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI MODE OPERASI CIPHER BLOCK CHAINING (CBC) DAN STEGANOGRAFI METODE END OF FILE (EOF). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (647Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan setiap orang untuk saling terhubung satu sama lain, hal ini menyebabkan pertukaran data maupun informasi dapat dengan mudah dilakukan. Kemudahan akses informasi ini memberi pengaruh dengan adanya ancaman yang dapat membahayakan informasi tersebut, misalnya berupa interupsi, penyadapan, maupun modifikasi informasi. Sebagai contoh sebuah perusahaan ingin mengirimkan sebuah dokumen penting atau pesan kepada mitra bisnisnya tetapi perusahaan ingin agar dokumen/pesan tersebut aman dari ancaman penyadapan yang dapat dilakukan oleh pihak lain. Kriptografi dan steganografi merupakan teknik pengamanan pesan diharapkan dapat tetap menjaga kerahasiaan isi dari informasi dan memberikan keyakinan pada penerima bahwa informasi tersebut memang berasal dari pengirim yang tepat begitu pula, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mode operasi Cipher Block Chaining dan metode End Of File dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Penggabungan teknik pengamanan kriptografi dan steganografi akan meningkatkan keamanan pesan atau informasi dan menjamin kerahasiaan serta mengurangi resiko informasi dapat dilihat oleh pihak lain. Aplikasi pengamanan dokumen teks yang dibangun dapat mengamankan pesan/informasi dengan baik. Karena pesan berhasil teracak dan citra yang dihasilkan tidak menampakkan perbedaaan kualitas citra yang terlaku jauh dibandingkan dengan citra asli.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17001

      Actions (login required)

      View Item