UDiNus Repository

SISTEM PAKAR TINGKAT KESESUAIAN LAHAN BERCOCOK TANAM BERDASARKAN SYARAT TUMBUH TANAMAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

SUDIBYO, (2015) SISTEM PAKAR TINGKAT KESESUAIAN LAHAN BERCOCOK TANAM BERDASARKAN SYARAT TUMBUH TANAMAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (313Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya lahan terluas di dunia. Dengan jumlah pulau yang banyak serta karakteristik pulau yang berbeda-beda maka hal ini mempengaruhi jenis tanah dan juga mempengaruhi jenis tanaman yang dapat tumbuh di lahan tersebut. Muncul permasalahan di masyarakat dimana kurangnya pemahaman dan pengetahuan petani tentang karakteristik lahan yang akan diolah serta jenis tanaman yang akan ditanam. Serta kurangnya para pakar pertanian serta sulitnya memperoleh data yang benar tentang karakteristik lahan dapat mempersulit petani dalam menentukan kesesuaian lahan dan tanaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem pakar yang dapat membantu mempermudah petani dalam menentukan kesesuaian lahannya. Keberadaan internet memungkinkan sistem pakar dalam bidang pertanian ini dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta dapat menjangkau ke seluruh daerah di Indonesia secara luas sebagai suatu sistem penunjang pembuatan keputusan yang terkomputasi untuk membantu petani dalam membuat keputusan melalui perencanaan yang baik sebelum melakukan tindakan apapun terhadap lahan mereka.Pengolahan data sistem pakar ini menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) dengan model mamdani mengingat banyaknya data karakteristik lahan yang nilainya tidak pasti. Hasil dari sistem pakar ini merupakan perhitungan dari data-data lahan yang disesuaikan dengan persyaratan tumbuh tanaman, sehingga menjadi pertimbangan petani dalam menentukan jenis tanaman.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17006

      Actions (login required)

      View Item