UDiNus Repository

Penerapan Fitur Seleksi Forward Selection Menggunakan Algoritma Naive Bayes Untuk Menetukan Atribut Yang Berpengaruh Pada Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas AKI Semarang

BONDHAN, ARYAPURNANDITYA (2015) Penerapan Fitur Seleksi Forward Selection Menggunakan Algoritma Naive Bayes Untuk Menetukan Atribut Yang Berpengaruh Pada Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas AKI Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (359Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3680b) | Preview

      Abstract

      Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang. Universitas didirikan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional, siap kerja, tenaga pendidikan, atau bahkan peneliti. Dataset status kelulusan mahasiswa dari IAsol Dataset adalah dataset yang diambil dari IAsol khususnya pada fakultas ilmu komputer. Algoritma Naive Bayes diketahui bisa memecahkan masalah data dataset dengan dimensi data yang besar dan bersifat Class Imbalance dengan hasil akurasi hanya 95.83%. Metode Forward Selection digunakan untuk mereduksi dimensi dataset yang besar dan dapat membantu meningkatkan hasil akurasi klasifikasi Naïve Bayes. Algoritma Naïve Bayes dengan Forward Selection sebagai fitur seleksi terbukti akurat dan efektif dalam mengklasifikasikan kelulusan mahasiswa dengan hasil akurasi 99.17% dan termasuk dalam kategori “Kappa excellent”.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17028

      Actions (login required)

      View Item