UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Dengan Metode Naive Bayes untuk Memprediksi Kelayakan Pengajuan Kredit Pada Koperasi Rukun Artha Santosa Juwana Pati

HERU, PURWANTO (2015) Penerapan Data Mining Dengan Metode Naive Bayes untuk Memprediksi Kelayakan Pengajuan Kredit Pada Koperasi Rukun Artha Santosa Juwana Pati. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (536Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam memberikan kredit ada resiko yang dihadapi oleh koperasi, yaitu terlambatnya pembayaran pengembalian bahkan kegagalan pembayaran kredit. Masalah seperti ini terjadi karena kurang akuratnya pihak pemberi kredit dalam penilaian terhadap kemampuan nasabah, sehingga mengakibatkan kesalahan dalam keputusan pemberian kredit yang berujung pada kemacetan kredit. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut, pihak koperasi dalam memberikan pinjaman perlu memprediksi kelayakan pengajuan kredit terlebih dahulu supaya resiko yang timbul dari pemberian kredit kepada calon debitur tidak terlalu besar. Cara untuk menentukan prediksi kelayakan pengajuan kredit yaitu dengan menggunakan algoritma data mining. Salah satu fungsi dalam data mining yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pihak koperasi untuk memprediksi kelayakan pengajuan kredit adalah klasifikasi. Metode yang diusulkan adalah naïve bayes. Algoritma naïve bayes bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola prediksi dari setiap atribut-atribut yang terdapat pada data set dengan menggunakan algoritma naïve bayes dan melakukan pengujian data training terhadap data testing untuk melihat pemodelan data sudah baik atau belum. Dalam membangun aplikasi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman visual basic 2008 serta mysql sebagai basis data. Dari hasil implementasi pengujian model data training terhadap data testing sebesar 71%.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17032

      Actions (login required)

      View Item