UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DI SMA N 1 GROBOGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING)

FARADI, SARDANA TRI (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DI SMA N 1 GROBOGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (329Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Pengolahan data beasiswa di SMA N 1 Grobogan pada umumnya masih menggunakan sistem yang masih manual, yaitu belum adanya komputerisasi dalam menentukan penerima beasiswa sehingga banyak masalah yang terjadi pada sistem ini. Permasalahanya yang sering muncul yaitu kurang tepatnya penyaluran beasiswa terhadap siswa, misalnya siswa yang sebenarnya tidak layak mendapatkan beasiswa namun mendapatkan beasiswa, sebaliknya siswa yang berhak mendapatkan beasiswa baik itu beasiswa berprestasi maupun beasiswa kurang mampu tetapi tidak mendapatkan beasiswa. Proses seleksi beasiswa melibatkan banyak kriteria yang dinilai (multikriteria) sehingga dalam penyelesaiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk multikriteria. Kriteria seleksi beasiswa terdiri dari nilai, penghasilan orang tua, jumlah tanggungan orang tua, jumlah saudara kandung, prestasi, kepribadian, kondisi rumah dengan menggunakan metode Fuzzy SAW. Penelitian ini berhasil menentukan urutan (prioritas) siswa yang berhak dan layak untuk menerima beasiswa dengan menggunakan metode Fuzzy SAW. Metode Fuzzy SAW ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan Dengan metode perangkingan tersebut, diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa yang akan menerima beasiswa tersebut.Nilai akhir tertinggi yg diproses oleh SPK merupakan siswa yang direkomendasikan dan layak untk menerima beasiswa, sedangkan siswa dengan nilai akhir terendah merupakan siswa yang tidak direkomendasikan atau tidak layak untuk menerima beasiswa.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:14
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:14
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17059

      Actions (login required)

      View Item