YOGI, HERSANDI (2015) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS UNTUK MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN BANK JATENG CABANG UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (231Kb) | Preview | |
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Kualitas pelayanan perbankan dalam suatu bank sangat berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Semakin bertambahnya nasabah, maka tuntutan akan kualitas pelayanan suatu Bank harus meningkat juga. Jika nasabah merasa puas dengan kualtas pelayanan bank, maka keuntungan yang diperoleh bank akan meningkat. Nasabah tidak akan menjadi nasabah yang pasif, melainkan menjadi nasabah yang aktif dalam melakukan transaksi. Oleh karena itu, bank harus mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap kualtas pelayanannya. Metode K-Means Clustering adalah suatu metode kalisifikasi unsupervised dalam teknik data mining yang mengelompokkan data kedalam satu atau lebih cluster. Metode ini mengelompokkan data ke dalam satu cluster yang memiliki karakteristik yang sama. Dengan penerapan metode k-means, Penelitian ini menghasilkan tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Jateng Cabang Universitas Dian Nuswantoro. Dengan metode k-means dihasilkan 3 cluster akhir pada setiap bidang, dengan bidang Kondisi Bank dan Fasilitas ATM yang memiliki prosentase kepuasan terendah yaitu pada Kondisi Bank dengan cluster kurang puas sebesar 60,5 % dan fasilitas ATM dengan cluster kurang puas sebesar 62 %. Dengan tingkat kepuasan nasabah yang telah diketahui maka pihak Bank dapat mengambil suatu kebijakan evaluasi pada bidang-bidang pelayanan yang prosentase tingkat kepuasan pelayanannya kurang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 10:14 |
Last Modified: | 26 Nov 2015 10:14 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17061 |
Actions (login required)
View Item |