UDiNus Repository

PERBANDINGAN ALGORITMA DIJKSTRA DAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMATION DALAM TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) PADA KOTA SEMARANG

ACHMAD, RIDWAN (2015) PERBANDINGAN ALGORITMA DIJKSTRA DAN ALGORITMA ANT COLONY OPTIMATION DALAM TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) PADA KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (808Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3928b) | Preview

      Abstract

      Traveling Salesman Problem (TSP) merupakan salah satu masalah optimasi klasik dengan konsep yang sederhana namun rumit dipecahkan secara konvensional. Tujuannya agar menememukan rute terpendek untuk melewati sejumlah kota dengan jalur tertentu sehingga setiap kota hanya terlewati satu kali dan perjalanan diakhiri dengan kembali ke kota semula. Permasalahan Traveling Salesman Problem itu sendiri adalah jalur terpendek, dalam pencarian jalur terpendek dapat menggunakan berbagai metode dalam penerapannya. Metode tersebut yaitu metode Konvensional dan metode Heuristic. Metode Konvesional adalah metode yang diterapkan dengan cara perhitungan matematis biasa. Ada beberapa metode Konvensional yang biasa digunakan untuk melakukan pencarian jalur terpendek, salah satu contohnya adalah Algoritma Dijkstra. Sedangkan Metode Heuristic adalah metode yang diterapkan dengan perhitungan kecerdasan buatan yang digunakan untuk melakukan pencarian dan optimasi, salah satu contohnya Algoritma Ant Colony atau semut, dari penjelasan singkat di atas tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbandingan dalam mencari jalur terpendek yang menggunakan metode Konvensional dengan metode Heuristic. Metode Konvensional menggunakan Algoritma Dijkstra sebagai perhitungannya, sedangkan metode Heuristic menggunakan Algoritma Ant Colony atau semut dalam perhitungannya.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 26 Nov 2015 10:15
      Last Modified: 26 Nov 2015 10:15
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17082

      Actions (login required)

      View Item