UDiNus Repository

PERAN CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA HASIL SURVEI THE INDONESIAN INSTITUTE FOR CORPORATE GOVERNANCE (IICG) PERIODE 2010-2012

FADILLAH, WIDODO ABDI (2015) PERAN CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX SERTA UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA HASIL SURVEI THE INDONESIAN INSTITUTE FOR CORPORATE GOVERNANCE (IICG) PERIODE 2010-2012. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (588Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Corporate governance adalah sistem, proses, dan seperangkat peraturan yang mengatur hubungan antara berbagai pihak yang berkepentingan demi tercapainya tujuan perusahaan. Peran penerapan corporate governance yang baik dipercaya dapat meningkatkan kinerja perusahaan, dengan memegang prinsip dalam good corporate governance maka perusahaan dapat membimbing dan mengelola risiko secara baik dan transparan. Ukuran perusahaan adalah salah satu tolak ukur yang dapat menunjukan besar kecilnya perusahaan dalam peningkatan kinerja keuangan dan perusahaan besar pada dasarnya memiliki kekuatan finansial yang lebih besar dalam menunjang kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate governance dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Corporate governance yang diukur dengan CGPI (Corporate Governance Perception Index) yang diterbitkan oleh IICG (The Indonesian for Corporate Governance), ukuran perusahaan diukur dengan logaritma natural total asset, dan kinerja keuangan yang diukur dengan return on equity. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di laporan CGPI (Corporate Governance Perception Index) tahun 2010-2012 berjumlah 115 perusahaan. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh dari metode tersebut sebanyak 73 perusahaa. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) corporate governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (2) corporate governance dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17096

      Actions (login required)

      View Item