UDiNus Repository

PERILAKU INCOME SMOOTHING DAN KOMPONEN YANG MEMPENGARUHI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ45 DI BEI PERIODE 2010-2012

KURNIA, MARTRIASARI RAMADHIANTI (2015) PERILAKU INCOME SMOOTHING DAN KOMPONEN YANG MEMPENGARUHI PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ45 DI BEI PERIODE 2010-2012. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (540Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3855b) | Preview

      Abstract

      Perilaku perataan laba (income smoothing) merupakan praktik yang dilakukan manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diharapkan baik secara artificial (melalui metode akuntansi) atau secara real (melalui metode transaksi). Alasan manajer sering melakukan perataan laba agar kinerja perusahaan dapat terlihat bagus dan membantu investor dalam memperkirakan laba di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas terhadap perataan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia 2010-2012 berjumlah 70 perusahaan. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh dari metode tersebut adalah sebanyak 28 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap perilaku perataan laba yang termasuk dalam Indeks LQ45 di BEI periode 2010-2012.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17097

      Actions (login required)

      View Item