UDiNus Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) WILAYAH SEMARANG

MUHAMMAD, HAFIZ (2015) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) WILAYAH SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (471Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Dalam menghadapi persaingan bisnis jasa pengiriman barang/kurir pada saat ini yang sangat ketat, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) berusaha untuk menempatkan dirinya sebagai perusahaan jasa pengiriman barang yang mampu memberikan pelayanan jasa pengiriman barang dengan kualitas yang baik kepada para konsumen. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa bsar pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan harga. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 orang pelanggan PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Data penelitian ini didapat dari hasil penyebaran kuisioner yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Model persamaan tersebut diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu kualitas produk (X1), kualitas layanan (X2), dan harga (X3) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y) secara positif dan signifikan. Dalam penelitian ini variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah variabel kualitas produk. Hal ini merupakan suatu hal yang harus dipertahankan dan diprioritaskan oleh perusahaan JNE agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan diperoleh dengan memberikan kualitas produk yang bermanfaat bagi pelanggan, dan terus meningkatkan produk dengan menambah variasi produk yang sudah ada dengan yang lebih bermanfaat bagi pelanggan. Sehingga PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir diharapkan meningkatkan kepuasan pelanggan.

      Item Type: Article
      Subjects: ?? NM ??
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17137

      Actions (login required)

      View Item