UDiNus Repository

TINGKAT EFEKTIVITAS, EFISIENSI PENGHASILAN PAJAK DAERAH BESERTA PERAN SERTA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA SEMARANG (2010-2013)

TRI, WAHYUNI (2015) TINGKAT EFEKTIVITAS, EFISIENSI PENGHASILAN PAJAK DAERAH BESERTA PERAN SERTA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA SEMARANG (2010-2013). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (183Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3996b) | Preview

      Abstract

      Pajak daerah sebagai salah satu komponen PAD, merupakan pajak yang dikelola oleh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berguna untuk menunjang penerimaan PAD hasil penerimaan tersebut masuk dalam PAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas penghasilan pajak daerah serta peran sertanya terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang (PAD). Penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan metode CCER dan CPI. Metode CCER (Cost of Collection Ratio) yaitu perbandingan antara biaya pemungutan pajak daerah yang dikeluarkan dengan realisasi penghasilan pajak daerah. Metode CPI (Charge Performance Index) yaitu perbandingan antara realisasi penghasilan pajak daerah dengan sasaran atau target penghasilan pajak daerah yang direncanakan. Hasil yang diperoleh adalah: perkembangan penghasilan pajak daerah Kota Semarang selama periode 2010-2013 mengalami kenaikan yaitu rata-rata 39,60% per tahun dan secara umum tergolong paling efektif dengan Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebagai sektor yang sangat efektif yaitu dengan rata-rata tingkat efektivitas sebesar 139,78% per tahun, penghasilan pajak daerah tergolong sangat efisien yaitu dengan rata-rata tingkat efisiensi sebesar 5,29% per tahun, penghasilan pajak daerah mendominasi PAD dengan rata-rata peran serta sebesar 64,83% per tahun.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17139

      Actions (login required)

      View Item