UDiNus Repository

ANALISIS PENGARUH BID ASK SPREAD, MARKET VALUE,RISK OF RETURN DAN DIVIDEN PAY OUT RATIO TERHADAP HOLDING PERIOD SAHAM BIASA(STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM LQ-45 PERIODE 2010-2012)

SRI, WAHYUNI (2015) ANALISIS PENGARUH BID ASK SPREAD, MARKET VALUE,RISK OF RETURN DAN DIVIDEN PAY OUT RATIO TERHADAP HOLDING PERIOD SAHAM BIASA(STUDI KASUS PADA SAHAM-SAHAM LQ-45 PERIODE 2010-2012). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (193Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penentuan masa kepemilikan atau holding period merupakan pertimbangan penting yang terkait dengan keputusan investasi seorang investor. Setiap investor dengan pertimbangannya masing-masing memiliki holding period yang berbeda-beda, dengan kata lain ada beberapa faktor yang menyebabkan investor untuk menahan atau melepas saham yang dimiliki. Oleh karena itu lamanya seorang investor menahan saham yang dimiliki menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Adapun faktor yang mempengaruhi holding period yaitu bid-ask spread, market value, risk of return dan dividen pay out. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bid-ask spread, market value, risk of return,dan dividen pay out terhadap holding period saham biasa. Penelitian ini menguji holding period saham-saham L-45 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2012. Sampel penelitianini adalah 29 perusahaan yang selalu masuk dalam daftar LQ-45 selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Dari hasil uji koefisien determinasi (R2) didapat nilai sebesar 43,2% holding period dapat dijelaskan oleh bid-ask spread, market value, risk of return dan dividen pay out, sedangkan sisanya 56,8% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel bid-ask spread, market value, risk of return dan dividen pay out. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel bid-ask spread berpengaruh negatif dan signifikan terhadap holding period. Sedangkan variabel market value, risk of return dan dividen pay out memiliki pengaruh pasitif dan signifikan terhadap holding period.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:20
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:20
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17176

      Actions (login required)

      View Item