UDiNus Repository

ANALISIS ALOKASI BIAYA BERSAMA UNTUK PRODUK BERSAMA DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI TEMPAT AQUA GELAS PADA UD. SURADI

INTAN, PITRIANI (2015) ANALISIS ALOKASI BIAYA BERSAMA UNTUK PRODUK BERSAMA DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUKSI TEMPAT AQUA GELAS PADA UD. SURADI. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (335Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Biaya bersama merupakan biaya yang diolah secara bersama sehingga menghasilkan dua atau lebih macam produk dengan mengolah bahan baku secara bersama. Perusahaan yang menghasilkan dua atau lebih macam produk perlu mengalokasikan biaya yang dianggap sebagai biaya bersama agar dapat menentukan harga pokok produksi dari masing-masing produk. Objek penelitian ini adalah perhitungan harga pokok produksi dan perhitungan proporsi alokasi biaya bersama yang digunakan dalam proses produksi tempat aqua gelas kupu-kupu, bonsai dan pohon karena produk tersebut adalah produk utama dalam kategori produk tempat aqua gelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis alokasi biaya bersama dalam menentukan harga pokok produksi pada UD. SURADI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan studi pustaka. Studi kasus dengan cara melakukan wawancara dan penelitian langsung ke perusahaan, sedangkan studi pustaka dilakukan dengan cara mencari literatur buku-buku serta mencari informasi yang berhubungan dengan rumusan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode harga pokok produksi menggunakan metode joint cost dengan pendekatan metode full costing. Menurut hasil analisis dengan menggunakan metode joint cost dengan pendekatan metode full costing, didapatkan hasil yang berbeda antara metode yang digunakan oleh UD. SURADI dengan metode yang digunakan oleh penulis. Hasil perhitungan harga pokok produksi yang didapatkan oleh UD. SURADI sebesar Rp 26.575.360,- dan yang didapatkan penulis sebesar Rp 22.568.056,-. Jadi selisih harga dari metode tersebut adalah Rp 4.007.304,-. Menyarankan keuntungan yang bisa lebih didapat dari penjualan tempat aqua gelas.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
      Ilmu Sosial > Akuntansi
      Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 27 Nov 2015 11:21
      Last Modified: 27 Nov 2015 11:21
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17214

      Actions (login required)

      View Item